Metrik Analitik Youtube ini sangatlah penting agar kamu bisa menavigasi performa Youtube Analitik dan mengukur metrik youtube yang penting. Tujuan inilah yang akan menyelematkan kamu agar tidak tenggelam dari lautan analitik, membantu kamu agar bisa tetap terus bertahan dan berenang agar aman untuk menuju sebuah daratan.
Metrik Analitik Youtube ini sangat penting untuk dipelajari dan bagaimana cara agar sebuah Metrik ini akan meningkatkan sebuah video strategi kamu.
Cara Untuk Mengakses Youtube Analitik
Youtube Analitik ini dapat diakses dengan menggunakan situs web desktop dan aplikasi seluler. Berikut ini adalah beberapa pentunjuk cara mengakses keduanya.
Jika mengakses dengan menggunakan situs web desktop. Pastikan akun Google kamu yang ingin digunakan untuk mengelola sebuah saluran Youtube. Klik ikon profil gambar kamu yang berada tepat di pojok kanan atas. dan pilih menu “Youtube Studio”.
Di Youtube Studio ini kamu akan bisa melihat panell di sebelah sisi kiri tempat kamu dapat mengakses sebuuah konten dan saluran. Di dalam daftar ini kamu akan bisa melihat sebuah “Analytics” klik ikon Analytics untuk membuka sebuah dasbor.
Di bagian atas dasbor Analytics, kamu akan bisa melihat toolbar tempat kamu akan bisa mengakses semua metrik yang penting. Ditampilan dasbor utama Analytics kamu dapat bisa mengakses sebuah Konten, Audiens, dan Riset untuk bisa menilai sebuah kiner Youtube kamu.
Di sebuah sudut kanan atas ada sebuah pemilihan tanggal ini bertujuan agar kamu bisa menilai metrik dalam periode tertentu. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengakses Analitik Youtube adalah dengan memilih mode lanjutan yang berada di pojok kanan atas tepat diatas pemilihan tanggal.
Dalam mode lanjutan ini kamu bahkan dapat untuk mengekspor analitik dan data pennyesuaian lebih lanjut dan bisa mengakses analisis lebih mendalam.
Namun sayangnya untuk mengakses sebuah Analitik dengan menggunakan Aplikasi Youtube ini kamu tidak dapat bisa melakukannya. Jika kamu memang ingin melihat sebuah analisis melalui perangkat seluler kamu diharuskan mendownload sebuah Aplikasi Youtube Studio dengan secara terpisah.
Berikut ini adalah 5 Point Metrik Analitik Youtube yang sangat penting dipelajari agar kamu bisa meningkatkan performa di sebuah akun Youtube kamu.
1. Waktu Tonton
Waktu Tonton ini adalah jumlah total menit yang akan dihabiskan oleh audiens untuk menonton sebuah konten video kamu. Point pertama ini adalah Metrik Analitik Youtube utama karena algoritma Youtube berasumsi jika waktu yang ditonton lebih lama ini menunjukkan video yang menarik, sehingga ini mengangkat sebuah video dan saluran dengan Waktu Tonton yang lebih tinggi di bagian hasil penelusuran dan sebuah rekomendasi.
Dalam laporan Waktu Tonton ini kamu dapat melihat jumlah waktu tnton yang telah dikumpulkan di sebuah video kamu.
Kamu juga dapat bisa memberikan peringkat dalam setiap video berdasarkan Waktu Tonton dan bisa juga untuk mengelompokkan sebuah video berdasarkan tema, gaya, dan durasi untuk menentukan jenis sebuah video yang paling menarik. Berikut cara untuk melihat Waktu Tonton di Youtube Studio:
- Dihalaman utama Youtube Studio Klik ikon “Analytics” yang berada di bagian sebelah kiri.
- Di sebuah menu ringkasan kamu dapat memilih sebuah ikon Waktu Tonton.
2. Rata-rata Persentase Penayangan
Persentase Penayangan rata-rata adalah sebuah persentase di setiap video yang rata-rata ditonton oleh audiens. Ini akan mengukur kemampuan sebuah video kamu dalam menarik perhatian pada audiens secara keseluruhan.
Ketika Youtube ini menyadari jika video kamu dapat menarik perhatian audiens, mereka akan memberikan hadiah dengan perangkat pencarian dan rekomendasi yang sangat tinggi. Kamu dapat menemukan sebuah metrik laporan ini di Waktu Tonton kamu. Langkah ini yang harus kamu lakukan agar bisa menemukan rata-rata persentase penayangan:
- Klik sebuah ikon “Analytics” jika sudah berada di halaman Youtube Studio.
- Pilih ikon “Waktu Tonton” yang berada di halaman “Ringkasan”.
- Pilih ikon “LIHAT LAINNYA” yang ada di posisi bawah “Waktu tonton”.
- Jika sudah berada dihalaman “Konten”, Klik ikon “Waktu tonton” jika sudah berada di halaman menu menurun kebawah, Klik ikon “Metrik lainnya”.
- Pilih ikon Persentase Penayangan rata-rata yang berada dibagian “Ringkasan”.
3. Rasio Klik Tayang dari Tayangan
Rasio klik-tayang dari tayangan ini bisa mengukur kemapuan video kamu saat mendorong orang menonton video kamu setelah melihatnya di beranda, bagian rekomendasi atau bagian tren.
Rasio klik tayang yang tinggi bisa diartikan juga judul kamu menarik, dan topik dalam video kamu menarik banyak para audiens relavan di Youtube. Tren umum ini bisa membawa konten yang sudah dirilis akan segera melonjak pesat, audiens akan bisa melihat video tersebut yang berada di bagian atas laman beranda mereka dan mungkin akan mengkliknya.
Namun jika video yang kamu sebar melampaui audiens inti anda, rasio klik-tayang pun akan menurun tetapi tetap akan pada tingkat yang stabil. Kamu juga bisa menggabung metrik ini dengan rata-rata persentase penayangan ini bertujuan agar kamu bisa melihat apakah para audiens memang benar-benar menonton video kamu saat setelah mengklik video.
Rasio klik-tayang yang tinggi memanglah sangat bagus, namun jika orang banyak yang meninggalkan video kamu tepat di awal judul atau gambar mini, kamu bisa menyesatkan.
Mempersiapkan para audiens untuk menghadapi apa yang akan terjadi sangatlah penting, jika judul atau gambar mini kamu tidak akurat para audiens pun akan merasa tertipu dan akan kehilangan kepercayaan terhadap akun kamu. berikut ini adalah cara untuk melihat rasio klik-tayang di Youtube Studio:
- Di bagian halaman Analytics Klik bagian “Konten” dibagian sebelah “Ringkasan”.
- lalu klik ikon “LIHAT LAINNYA”.
- Kamu bisa memilih berbagai konten kamu yang ingin di cek rasio klik-tayang dibagian bawah pojok kiri.
- Lalu klik bagian “Penayangan” yang berada di posisi dibagian bawah konten hingga muncul opsi menu menurun kebawah.
- Klik pada ikon “Metrik lainnya”.
- Klik ikon “Rasio klik-tayang dari tayangan” yang berada dibagian Jangkauan.
4. Mengetahui Umur Gender Yang Menonton Video Kamu
Dalam sebuah laporan demografi Youtube, kamu akan bisa melihat berbagai jenis audiens yang menonton video kamu, disegmentasikan berdasarkan umur, gender, dan geografi.
Data ini yang akan memberitahu kamu siapa audiens yang paling terlibat dan siapa sebenarnya audiens target kamu. Kamu dapat memproses dengan mengambil pendeketan sebaliknya dengan data ini.
Jika kamu tidak bisa untuk menjangkau audiens yang mereka inginkan, cobalah dengan mengubah strategi video kamu dan membahasa topik yang menurut paara audiens menarik. berikut adalah langkah untuk cara melihat umur, gender dalam tampilan Demografi:
- Jika sudah berada di halaman “Analisis channel”.
- Klik pada ikon “Audiens”.
- di menu bagian “Umur dan gender” yang berada dibagian bawah kiri lalu pilih ikon “LIHAT LAINNYA”.
5. Cara Audiens Menemukan Video Kamu
Cara untuk Audiens bisa menemukan video kamu ini bisa diartikan dengan sumber lalu lintas. Ini akan menampilkan dari sumber mana yang memperoleh banyak penayangan dan waktu tonton yang lumayan banyak. Kamu bisa menggunakan data ini agar bisa mengoptilkan strategi promosi video kamu. Berikut ini lah langkah-langkahnya:
- Pertama jika kamu masih didalam menu Dasbor channel Youtube Studio.
- Klik pada ikon “Analytics”.
-Lalu pilih ikon “Konten” disebelah bagian “Ringkasan”. - Di bagian bawah ada menu “Cara penonton menemukan video”.
- Pilihlah ikon “LIHAT LAINNYA” jika ingin melihat detail keseluruhan.
Itulah 5 Point penting Metrik Analitik Youtube yang bisa kamu pelajari agar bisa menarik para audiens untuk meningkatkan sebuah performa akun kamu di Aplikasi Youtube.