Banyaknya aplikasi platform media sosial yang sering bermunculan, Twitter saat ini masih berdiri tegak sebagai salah satu media sosial yang populer di dunia. Alasannya ini sangat mudah karena Twitter ini terus menghadirkan fitur-fitur yang bisa menarik para penggunanya, penggunanya pun tidak akan mau berpaling dari Platform ini.
Jika kamu pengguna aktif Twitter, kamu pastinya akan mengetahui sebuah fitur Insight pada setiap tweet yang kamu posting. Insight ini sendiri merupakan suatu teknik analisis pada setiap aplikasi media sosial contohnya Twitter. Insight berisi tentang banyaknya pengguna yang berinteraksi dengan sesama antar pengguna.
Dalam fitur Insight di twitter ini pengguna akan bisa melihat tingkat interaksi disetiap postingan dengan para pengikutnya dan akun-akun lain yang saling berhubungan. Insight biasanya akan ditampilkan dalam bentuk Grafik, angka-angka, gambar dan sebuah penjelasan tentang mengenai interaksi di sebuah suatu postingan dari akun pengguna. Tujuan untuk meninjau Insight di Twitter ini akan berguna untuk mengetahui tentang sebuah audiens.
Cara Meninjau Insight di Twitter
- Pertama kamu harus membuka aplikasi Twitter kamu dan pastikan juga bahwa kamu sudah mengupdate aplikasi Twitter ke versi yang terbaru.
- Bila kamu membukannya dengan menggunakan via Laptop kamu langsung bisa mengunjungi situs analytics.twitter untuk melihat sebuah analisis tweet kamu.
- Jika sudah muncul diberanda Twitter, Klik pada foto profil dibagian atas kiri untuk memunculkan beberapa opsi.
- Klik ikon Profil untuk menuju sebuah halaman profil akun.
- Cari Tweet yang ingin kamu lihat Insightnya.
- Pilihlah dan klik ikon tweet tersebut untuk menampilkan sebuah halaman yang berisi rincian tweet secara full.
- Kemudian, klik ikon pada bagian menu “Melihat Aktivitas Tweet” yang berada dibagian bawah.
Cara Lain untuk Meninjau Insight di Twitter
Tidak hanya melalui aplikasi atau website saja, kamu juga bisa mengaksesnya dengan cara lain. berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
1. Mengecek Kunjungan Laman Profil
Cara pertama ini biasanya dilakukan dan akan menampilkan jumlah kunjungan profil Twitter yang berada dibagian atas dasbor analitik penggunaan.
Kunjungan Lama Profil ini telah dijumlah selama periode 28 hari dan akan terus diperbaharui setiap harinya. Tampilannya biasanya dimunculkan bersama Grafik mini yang menunjukkan data dari waktu ke waktu.
Dengan melihat kunjungan laman profil saja, kamu bisa mengetahui seberapa banyak akun lain yang mengunjungi sebuah profil akun kamu. Selain itu, kamu pun juga bisa memantau apakah akan terjadi kenaikan atau penurunan pada kunjungan profil sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan tweet yang akan diposting nantinya.
2. Mengecek Mentions
Cara ini memang hampir sama dengan melihat kunjungan lama profil. Kamu hanya cukup melihat @mentions selama kurun 28 hari terakhir seiring waktu berjalan. Biasanya twitter akan menampilkan mentions teratas dalam setiap bulannya.
Mentions teratas inilah yang akan dihitung berdasarkan berapa banyak akun lain melibatkan tweet kamu sebagai konteks tambahan mereka. Cara ini juga merupakan alat layanan pelanggan untuk para pengguna akun Twitter bisnis.
3. Melihat Sebuah Tayangan Tweet
Dengan menggunakan cara ini kamu akan bisa melihat daftar semua tweet dan jumlah tayangan. Kamu bahkan bisa juga untuk melihat performa tweet secara individual atau satu persatu selama dalam kurun waktu 28 hari tayangan akumulatif.
Jika kamu pernah memposting sebuah tweet dengan subyek tertentu dan memperoleh tayangan yang lumayan cukup banyak, kamu bisa memakainya kembali untuk membuat sebuah tweet yang sama.
4. Mengecek Pertumbuhan Sebuah Followers
Dengan mengukur pertumbuhan sebuah followers ini bisa dilihat pada bagian dasbor pengikut. Pada bagian pertumbuhan followers ini kamu akan bisa melihat perubahan followers selama 30 hari terakhir.
Kamu akan bisa melihat jumlah pengikut baru yang akan ada per harinya jika kamu mendapatkan pengikut baru pada hari tertentu. Kamu bisa memeriksa tweet pada hari itu untuk meningkatkan sejumlah followers dan kamu akan bisa mempertimbangkan untuk melakukan kampanye pengikut untuk memperoleh followers baru.
5. Mengecek Conversion Tracking
Kamu bisa memanfaatkan Coversion Tracking ini agar bisa melacak tingkat konversi atau pembelian pada iklan Twitter kamu yang diposting. Ini memungkinkan agar kamu bisa mengukur laba atas penawaran iklan dengan melacak tindakan para pengguna lainnya setelah melihat iklan di Twitter kamu.
6. Mengecek Top Tweets
Cara terakhir untuk meninjau Insight di Twitter adalah dengan mengecek tweet teratas setiap bulannya. Dasbor analitik akan terus menampilkan tweet teratas dan tweet media teratas berdasarkan jumlah tayangan pada text tersebut.
Kamu hanya perlu mengklik pada bagian “Melihat Aktivitas Tweet” ini bertujuan untuk bisa melihat beberapa banyak link tautan, profil, dan lainnya yang terlibat dengan tweet teratas tersebut.
Itulah cara-cara yang bisa kamu ikuti agar bisa meninjau Insight di Twitter. Lakukan cara ini jika kamu memang sedang ingin melihat performa dari sebuah akun Twitter kamu agar bisa menarik perhatian para audiens.