Bisnis memiliki banyak cara agar masyarakat mau dan lebih mengenal produk atau layanan jasa yang mereka miliki. Hal ini untuk meningkatkan tingkat keuntungan agar bisnis yang dijalani bisa menghasilkan pendapatan yang jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Persaingan bisnis yang ketat juga membuat hal ini terjadi sehingga dilakukan berbagai cara agar bisnis yang dimiliki bisa jauh lebih menonjol dibandingkan dengan para kompetitor. Penggunaan buzzer merupakan salah satu dari banyak cara yang dimiliki oleh pemilik bisnis untuk dapat bersaing dengan pebisnis lain. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan penggunaan buzzer dalam artikel dibawah ini.
Pengertian Buzzer
Buzzer merupakan adalah orang-orang yang membicarakan suatu topik yang bertujuan untuk ramai dibicarakan di kalangan masyarakat. Di dunia pemasaran, buzzer merupakan salah satu yang terpenting dalam menjalankan suatu campaign agar menarik lebih banyak pelanggan dan menjadikan suatu produk atau layanan jasa menjadi dikenal di kalangan masyarakat. Orang-orang yang dijadikan buzzer ini biasanya memiliki power atau kepemilikan suara yang dipercaya oleh masyarakat sehingga mampu menggiring masyarakat untuk tertarik atau menjadi memiliki keinginan membeli suatu produk dari bisnis tertentu.
Biasanya, buzzer memiliki banyak power di media sosial dan memiliki banyak pengikut. Istilah ini bisa kita lihat pada influencer-influencer yang memiliki fokus di bidang tertentu, misalnya kecantikan, barang mewah, hingga makanan. Perkataan mereka juga seringkali menjadi acuan terhadap suatu merek atau produk sehingga seringkali dijadikan standar bagus atau tidaknya hal tersebut.
Kelebihan Penggunaan Buzzer untuk Bisnis
Mempercepat Penyebaran Promosi
Buzzer memiliki banyak kelebihan, yang pertama adalah mempercepat penyebaran promosi. Promosi bisnis seringkali sulit mencapai target, hal ini salah satunya dikarenakan tidak adanya inovasi yang dilakukan oleh pemilik bisnis dan hanya mengandalkan kegiatan promosi yang biasa.
Meningkatkan Eksposur Terhadap Bisnis
Penggunaan buzzer juga memiliki kelebihan untuk meningkatkan eksposur bisnis di kalangan masyarakat. Eksposur yang tinggi yang disebabkan oleh adanya para buzzer ini menjadikan peluang untuk dikenal dan meningkatkan keuntungan jauh lebih besar jika bisnis tidak menggunakan buzzer.
Meningkatkan Engagement Rate
Matrik dalam media sosial sangat dibutuhkan untuk memantau seberapa laku produk dan seberapa tertariknya para calon pelanggan terhadap hal tersebut. Untuk itu, engagement rate bisa ditingkatkan untuk kepentingan bisnis melalui penggunaan jasa buzzer.
Dikenal oleh Masyarakat
Pemilik bisnis biasanya menggunakan buzzer yang memiliki rate yang bagus dan dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis agar jauh lebih dikenal oleh masyarakat.
Meningkatkan Penjualan
Penjualan akan terus meningkat jika pemilik bisnis menggunakan jasa buzzer dalam mempromosikan produk yang mereka miliki.
Kekurangan Penggunaan Buzzer untuk Bisnis
Seringkali Dianggap Spam
Penggunaan buzzer saat ini seringkali dianggap spam karena masyarakat kerap melihat banyak produk atau barang yang terus-menerus dipromosikan tetapi lewa akun dan orang yang berbeda.
Seringkali Dianggap Mengganggu
Sama halnya dengan spam, penggunaan jasa buzzer di mata masyarakat seringkali dianggap mengganggu karena promosi yang terus-menerus itulah yang dianggap terlalu berlebihan.
Meningkatkan Rasa Bosan Kepada Pelanggan
Produk yang terus-menerus dipromosikan oleh para buzzer akan meningkatkan rasa bosan kepada pelanggan sehingga ada banyak kemungkinan produk atau barang yang dipromosikan akan di-skip dan memiliki peluang besar mengurangi minat calon pelanggan.